Manchester United Hadapi FK Rostov di Babak 16 Besar Liga Europa

Manchester United akan berhadapan dengan tim wakil dari Liga Rusia FK Rostov di babak 16 besar Liga Europa musim 2016-2017 ini. Mendengar hasil undian pertandingan tersebut, sang manajer Jose Mourinho menggambarkan hal itu sebagai sesuatu yang buruk di setiap aspek.

Manchester United – yang berhasil dengan mudah meraih kemenangan dengan agregat skor 4-0 ketika mengatasi tim wakil dari Ligue 1 Prancis, Saint Etienne – menjadi klub terakhir dari Liga Primer Inggris yang bertahan di kompetisi kasta kedua di level Eropa ini setelah Tottenham Hotspur dipastikan tersingkir dari Liga Europa setelah kalah dalam skor agregat 3-2 ketika berhadapan dengan tim wakil dari Liga Belgia, KAA Gent.

Skuat berjuluk Setan Merah ini akan bertandang ke Rusia untuk menjalani laga leg pertama babak 16 besar Liga Europa ini pada tangagl 9 Maret mendatang di Stadion Olimp 2, kemudian Manchester United akan menjamu kedatangan FK Rostov di Old Trafford pada tanggal 16 Maret bulan depan.

Berdasarkan koefisien UEFA, FK Rostov merupakan tim yang berada di rangking yang paling rendah di antara para klub yang tersisa di ajang Liga Europa ini. Akan tetapi tetap saja mereka masih bisa memberikan ujian yang berat kepada Manchester United. Mengingat FK Rostov pernah memetik kemenangan dengan skor 3-2 ketika menjamu kedatangan tim raksasa asal Bundesliga Jerman Bayern Munchen pada ajang penyisihan grup Liga Champions musim ini di Stadion Olimp 2.

Selain itu, mereka juga tercatat pernah dua kali menahan imbang tim raksasa asal Eredivisie Belanda PSV Eindhoven dan menelan kekalahan dengan selisih satu gol saja di kandang dan dalam laga tandang ketika berhadapan dengan tim wakil dari La Liga Spanyol Atletico Madrid.

Kegagalan FK Rostov untuk bisa menembus babak 16 besar Liga Champions membuat mereka turun kasta dengan tampil di babak 32 besar Liga Europa. Dan kesebelasan yang saat ini berada di bawah arahan manajer Ivan Daniliants itu sukses menyingkirkan tim wakil dari Republik Ceko Sparta Praha untuk memastikan tempat di babak 16 besar Liga Europa. FK Rostov sukses merengkuh kemenangan dengan skor 4-0 pada laga leg pertama di kandang sendiri dan memetik hasil imbang dengan skor 1-1 ketika bertandang ke markas tim yang berasal dari ibukota Republik Ceko tersebut.

Melihat hasil undian babak 16 besar Liga Europa tersebut, Mourinho mengatakan: “Ini menjadi hasil undian yang sangat buruk di setiap aspek. Jaraknya sangat jauh dan ini pasti akan menjadi laga yang sulit dan sekaligus berada pada periode sulit yang mesti kami hadapi,” keluh juru strategi berkebangsaan asal Portugal ini.

“Ini sulit karena mereka merupakan tim yang sulit. Mereka mengarungi perjalanan yang sangat baik di ajang Liga Champions, mereka berhasil menyingkirkan Ajax Amsterdam dan Anderlecht di babak play off,” papar ahli taktik yang saat ini sudah menginjak usia 54 tahun tersebut.

“Dan kemudian di fase penyisihan grup mereka benar-benar berada dalam grup yang sulit karena mesti berhadapan dengan  Bayern Munchen dan Atletico Madrid dan mereka juga terbilang sukses mendapatkan hasil yang baik ketika berhadapan dengan kedua klub besar tersebut. Mereka berhasil mengalahkan Bayern Munchen, mereka juga berhasil menaham imbang Atletico Madrid. Mereka finis di urutan ketiga, setelah berhasil mengungguli PSV Eindhoven,” jelas pelatih kelahiran kota Setubal ini.

“Saya mengenal manajer meraka [Ivan Daniliants] dengan baik – saya pernah berhadapan dengan dia ketika dia masih menangani Rubin Kazan dan saya juga masih menangani Inter Milan,” beber manajer yang sempat menjuluki dirinya sendiri dengan sebutan sebagai The Special One tersebut.

“Tim ini pasti akan sangat sulit – sangat defensif dan sangat mengandalkan kemampuan fisik. Jadi, ini menjadi hasil undian pertandingan yang buruk, akan tetapi setelah melakoni laga kontra Southampton dan Bournemouth, kami baru akan fokus dalam pertandingan ini dan kami siap menghadapinya,” tegas Mourinho.

Sementara itu di lain pihak, FK Rostov justru  sepertin merasa kegirangan mendapat lawan Manchester United di babak 16 besar Liga Europa ini.

Sang asisten manajer, Dmitri Kirichenko mengatakan lewat situs resmi klub: “Mungkin Manchester United menjadi rival yang paling kuat yang bisa kami lawan. Wow, dalam satu musim fans kami akan melihat begitu banyak klub-klub super,”  kata Kirichenko.

Sedangkan pada hasil undian pertandingan yagn lain, terdapat derbi Jerman yang mempertemukan antara Schalke 04 kontra Borussia Monchengladbach. Masih ada lagi di derbi Belgia ketika Gent yang merupakan tim yang sukses menyingkirkan Totteham Hotspur itu akan berhadapan dengan Genk di babak 16 besar Liga Europa ini.

Sementara itu, Celta Vigo, yang menjadi satu-satunya klub yang berasal dari La Liga Spanyol yang masih bertahan di kompetisi kasta kedua di seluruh daratan Eropa tersebut, akan berhadapan dengan tim wakil dari Liga Rusia, Krasnodar.

Hasil Undian Pertandingan Babak 16 Besar Liga Europa 2016-2017*

Celta Vigo v Krasnodar

Apoel vs Andselecht

Schalke 04 vs Borussia Moenchengladbach

Olympique Lyon vs AS Roma

FK Rostov vs Manchester United

Olympiakos vs Besiktas

Gent vs Genk

FC Copenhagen vs Ajax Amsterdam

Leg pertama akan digelar pada tanggal 9 Maret. Leg kedua bakal dihelat pada tanggal 16 Maret.

Marco
Marco
Penulis blog yang keahliannya adalah menuliskan prediksi tentang sepakbola yang sangat berpengalaman dibidangnya. Dikarenakan oleh hobi kecilnya yaitu bermain sepakbola maka dari itu dia bisa menjadi penulis prediksi yang benar-benar menganalisa dengan teliti setiap menuliskan prediksinya.